Header Ads

Eiichiro Oda

Eiichiro Oda adalah seorang mangaka kelahiran 1 Januari 1975  di Prefekture Kumamoto, Saat Eiichiro Oda kecil, ia selalu berangan-angan  sebagai bajak laut dan ingin menjadi mangaka. Pada umur 17 tahun, Eiichiro Oda mengirimkan karyannya yang berjudul "Wanted" dan memenangkan berbagai penghargaan. Pada umur 19 tahun, ia menjadi assisten Nobuhiro Watsuki dalam pengerjaan Rurouni Kenshin. Bersamaan dengan itu pula, Eiichiro Oda menggambar "Romance Dawn" yang merupakan bab awal dari One Piece. Pada tahun 1987, One Piece terbit pertama kali di majalah Shonen Jump dan menjadi salah satu manga terpopuler di Jepang. Manga One Piece ini pun menjadi Manga no 1 bukan hanya di Jepang tetapi juga di Dunia.


Nama
     ===> Eiichiro Oda
Nama Lain
     ===> Odacchi atau Eicchan
Tanggal Lahir
     ===> 1 Januari 1975
Kota Kelahiran
     ===> Kota Kumamoto, Prefektur Kumamoto, Jepang
Golongan Darah
     ===> A
Bintang
     ===> Capricorn
Shio
     ===> Kelinci
Istri
     ===> Chiaki Inaba
Kesukaan
   ===> Pemandangan Sore, Musik Swedia, Kopi Enak, PuyoPuyo, Legos, Film
Hewan Yang Tidak Disukai
     ===> Kecoak dan Laba-Laba
Hobi
     ===> Main Lego, Membuat Sketsa, Memancing, Nonton Film
Anime Favorit
     ===> Nausica (menurut Odacchi karya Miyazaki ini penuh emosi dan sangat menyentuh) dan Bike The Little Viking.
Manga favorit
     ===> Dragon Ball, Akazukin Chacha, Gag Manga Biyori
Mangaka favorit
     ===> Akira Toriyama
Film
     ===> Seven Warriors, Young Guns, Nightmare Before Christmas
Acara TV Favorite
     ===> Acara-Acara Komedi
Sutradara Favorite
   ===> Akira Kurosawa, Hayao Miyazaki, Tim Burton, Quentin Tarantino, Baz Luhrmann
Artis Favorit
     ===> Bryan Adams, Eminem, Izumy Katou, dan Brooke Benton
Musik favorit
     ===> Musik Soul
Makanan Favorit
     ===> Daging dan Keju yang leleh
Minuman Favorit
     ===> Kopi


          Pada saat usia 17 tahun, Eiichiro Oda menyerahkan karyanya "Wanted" yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Ada kejadian unik dibalik pembuatan Wanted, yaitu 3 hari sebelum deadline penyerahan naskah, Eiichiro Oda mengalami kecelakaan mobil, dan dalam perjalanan ke rumah sakit, hal pertama yang terpikir olehnya adalah bahwa hari itu ia harus mengembalikan kaset video yang dipinjamnya Dokter memutuskan bahwa Eiichiro Oda harus diopname 1 hari. Dan selama di rumah sakit itulah ia berjuang mati-matian menyelesaikan "Wanted". yang berlatar belakang dunia western. Dalam karya ini, Eiichiro Oda menggunakan per name Getsuk Ka Sui Moku Kin Do (Moon Fire Water Wood Gold Earth), yang bisa juga dibaca "Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sab'tu" (Di Jepang, kata Bulan Api Air Kayu Emas dan Tanah dipergunakan sebagai nama hari). 

          Setahun kemudian karya pertamanya sebagai mangaka professional berjudul "Kami Kara Mirai No Present (Hadiah Dari Masa Depan Pemberian Dewa)" yang dimuat dimajalah Jump Original edisi OKtober 1993. Menurut Eiichiro Oda karyanya ini terwujud karena sudah lama ia ingin membuat manga denga tema takdir dan menggambar adegan kehancuran. Namun ditekankannya lagi bahwa itu bukan berarti dia ingin menghancurkan dirinya sendiri, walau ia mengaku menyesal karena harus meninggalkan pekerjaan part-time nya. Pada tahun yang sama, Eiichiro Oda juga meraih Gold Jonors dalam ajang Hoop Step Award (kontes pencarian bakat yang diadakan Weekly Jump setiap bulan, kini namanya berubah menjadi Tenkai Icchi Manga Award) untuk karyanya yang berjudul Ikki Yako (Perjalanan Malam Seorang Setan).

          Menurut Oda dalam sebuah wawancara untuk Shonen Jump, penjahat faforitnya di One Piece adalah Buggy Badut dan Bajak Laut faforitnya di dunia nyata adalah Blackbeard (Edward Teach).

Hasil Karya Oda :
     1. One Piece (Sejak 1997)
     2. Wanted (1998, koleksi cerita pendek)
               ==> Wanted (1992)
               ==> God's Present for the Future (1993)
               ==> Ikki Yakou (1993)
               ==> Monsters (1994)
               ==> Romance Down (Versi 1,2 dan 3)
     3. Dragon Ball x One Piece : Cross Epoch (2007)
     4. One Piece x Toriko (2011)



            Eiichiro Oda menikah dengan Chiaki Inaba, yaitu seseorang yang telah memainkan Langsung Nami selama Pesta One Piece panggung pertunjukkan. Dia awalnya merencanakan One Piece seri selama lima tahun terakhir, dan sudah direncanakan keluar akhir. Tapi serita terus jauh dari harapan, dan popularitasnya telah membenngkak ke proporsi yang sangat besar.



             Pertemuan Oda dan Chiaki terjadi pada saat Chiaki mengikuti Cosplay One Piece dan pada saat itu Oda menjadi seorang juri, yang kemudian terjadi kedekatan antara Oda dengan Chiaki yang pada akhirnya mereka menjalin hubungan dan menikah.



          Dalam sumber inspirasinya Eiichiro Oda terinspirasi oleh Akira Toriyama yaitu orang yang mengarang "Dragon Ball" dan Dr. Slump saat muda Di waktu kecil ia sering menonton serial kartun "Vicky the Viking" dan mulai terinspirasi mengarang manga tentang Bajak Laut. Ia kemudian menciptakan tokoh Pandaman pada "Kinnikuma" karangan Yudetamago.



        Ketika ditanya tentang perasaannya terhadap Akira Toriyama. Eiichiro oda menjawab "ia seperti dewa bagi saya Dia berada di dimensi yang berbeda, lebih dari apa pun, dengan keterampilan menggambar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan!. Ketika aku masih kecil, saya  menggambar untuk bersenang-senang dan menyatakan bahwa saya akan menjadi seniman manga.

          Pada saat itu, aku ingin menjadi yang terbaik dala menggambar manga. Aku peercaya bahwa orang yang paling menarik adalah orang yang menciptakan manga terbaik.



Apapun Impianmu
Yakini Saja Bahwa Kamu Bisa Untuk Mewujudkannya
Jangan Pernah Ada Keraguan Dalam Impianmu
Karena Keraguan Hanya Akan Membutmu Menjadi Orang Yang Lemah

1 comment:

Powered by Blogger.