Header Ads

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Malang



Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan sebuah acara untuk membentuk para calon founder startup dalam mendirikan startup dengan tujuan untuk memecahkan masalah lokal masyarakat dengan peran teknologi.

Pada tahap pertama yaitu Incubation yang merupakan sebuah acara talkshow dengan beberapa sesi dan sesi pertama adalah mengenai Entrepreneur Mindset dengan panelis Danton Prabawanto yang merupakan CEO dari Beon Intermedia dengan dimoderatori oleh Afrizal Novian, Digital Strategist, Beon Intermedia. Dia mengatakan bahwa seorang entrepreneur harus memiliki pola pikir, jika ingin membangun sebuah bisnis. Kolaborasi dengan industri dan pihak pemerintah, maka diharapkan dapat menumbuhkan lebih banyak startup.

Talkshow Sesi kedua yaitu dilanjutkan dengan topik Think Like Founder dengan bebrapa panelis yaitu Miftahul Huda sebagai CEO Inagata dan Andy Fajar sebagai CEO dari Kulina, dengan moderator Ahimsa Afrizal CEO dari Jejakku. Pada sesi diskusi ini panelis mengajak kita para audiens untuk mengubah pola pikir kita layaknya seorang startup founder yang berani mengambil risiko dalam menyelesaikan setiap masalah dengan solusi yang relevan.

Sebelum sesi talkshow ketiga dalam acara ini, diselingi dengan presentasi dari Jaka Wiradisuria, Head of New Product dari RUMA, Jaka Wiradisuria dengan topik presentasi bertema Embracing Failure as Founders, presentasi ini diselingi dengan cerita tentang pernah gagalnya dia dalam membangun startup digital, cerita ini bertujuan agar kita semua para calon founder startup dapat bangkit setelah mengalami kegagalan dalam membangun startup, dalam bisnisnya dia pernah juga mengalami masalah keuangan yang sangat serius dan dia mengungkapkan bahwa ketika kita terpuruk dalam hal keuangan karena masalah bisnis, maka untuk memecahkannya yaitu dengan jalan bisnis. Pada masa mudanya dia ditekan oleh orang tuanya bahwa setelah lulus dia harus fokus bekerja, akan tetapi di memilih untuk bekerja dan berbisnis, karena dia berkata bahwa kita sebagai anak harus menuruti apa kata orang tua kita.

Sesi ketiga dan termasuk sesi terakhir dari talkshow kali ini dengan topik Colaborasi to Create Innovation yang dimoderatori oleh Bagus Berlian yang merupakan Evangelist TEDx dari Tugu Pahlawan, dengan beberapa panelis seperti Vicky Arief Herinadharma CEO dari Paradise Group, Daus Gonia merupakan Creative Director dari Menembus Langit, Faye Alund merupakan Co-founder dari Kumpul.co dan Daniel Cahyadi sebagai Industry Manager dari Google Indonesia. Pada sesi kali ini para peserta diajak untuk mengetahui pentingnya kolaborasi dalam menciptakan sebuah solusi serta pentingnya peran anak muda dalam membangun startup digital yang dapat memberikan solusi untuk berbagai masalah yang ada di lingkungan sekitar. Salah satu panelis berkata dari pada para peserta bahwa lebih baik menguasai beberapa hal dari pada harus menguasai semua hal, karena disinilah peran kolaborasi yaitu dengan mengkolaborasikan beberapa orang dengan beberapa skill, maka hasilnya dapat maksimal. Dari pada harus memperajari semua sklill yang hasilnya setengah-setengah. 

Diakhir sesi terdapat sesi tanya jawab yaitu ketika ingin membentuk sebuah team, mana yang harus pilih antara memilih teman dengan minim skill tapi satu visi atau memilih orang lain dengan skill pro, dan salah seorang panelis menjawab dengan tanpa pikir panjang bahwa alanhkah lebih baiknya memiliki team dengan visi yang sama, panelis menambahkan bahwa sebuah skill dapat dipelajari, akan tetapi visi yang sama sulit untuk dicari.

@1000startupID | 1000 Startup Digital | #1000StartupDigital

No comments

Powered by Blogger.